5 Cara Ajarkan Anak guna Mengenal Huruf

 

Membaca anak – Mengenalkan huruf pada anak ialah dasar keterampilan anak belajar menyimak dan menulis. Namun, ini tidak menjadi dalil untuk mendorong anak melakukannya tanpa mereka merasakan sendiri proses mengenal huruf tersebut. Kathy Egawa, Ph.D dari National Council of Teachers of English menuliskan era kini ini anak-anak seolah dipaksa guna memiliki keterampilan membaca sedini mungkin.
Berdasarkan penelitian justeru anak-anak siap menerima latihan di umur 5 tahun. Anak yang telah mulai dapat bicara di umur dini bukan garansi kalau mereka memiliki keterampilan yang lebih baik ketimbang yang tidak. Makanya Kathy menganjurkan ketimbang konsentrasi supaya anak dapat membaca ataupun mencatat dengan cepat, terdapat baiknya kenalkan dulu huruf dengan teknik menyenangkan sampai-sampai anak tidak merasa tertekan.
Kalau orangtua punya pertanyaan lebih lanjut tentang waktu yang tepat memperkenalkan huruf pada anak, dapat tanyakan langsung ke Halodoc. Cukup download software Halodoc lewat Google Play atau App Store, melewati fitur Contact Doctor orangtua dapat memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.
Sebenarnya ada sejumlah cara “halus” untuk memperkenalkan huruf untuk anak tanpa terkesan menggurui dan memaksakan anak mengenal huruf. (Baca pun 7 Jenis Mainan guna Melatih Kemampuan Bayi)
1. Bacakan Cerita Bergambar
Membacakan kisah bergambar ialah salah satu teknik terampuh memperkenalkan huruf pada anak. Apalagi kisah bergambar dibarengi dengan gambar-gambar unik sehingga anak mau enggan akan tertarik guna ikut menyaksikan isi kitab tersebut. Sambil ibu membaca, letakkan jari-jari ibu mengekor setiap kata dan kalimat yang dibaca, agar anak diam-diam merekam huruf-huruf itu dalam ingatannya.

2. Mengajak Anak ke Toko Buku
Biarkan anak berinteraksi dengan buku-buku ialah salah satu teknik lain memperkenalkan huruf pada anak. Ajak anak guna memilih kitab favoritnya sendiri, tanyakan dalil anak mengapa memilih kitab tersebut, sembari anak memilih ibu juga dapat menceritakan sekilas kitab yang dipilih anak mengenai apa. Setelah anak memilih kitab favoritnya, ibu juga dapat sharing ke anak kitab pilihan ibu mengenai anak. Dengan ini anak pun jadi tahu bila ibu senang menyimak dan dari sini bakal timbul ketertarikan natural guna mengenal huruf-huruf.

3. Menyanyikan Lagu ABCDE Bersama Anak
Menyanyikan lagu ABCDE untuk anak dapat jadi teknik mengenalkan huruf pada anak dengan teknik yang menyenangkan. Apalagi bila ibu memilihkan lagu dengan video unik dilengkapi dengan subtitle dan atraksi anak-anak kecil memegang replika huruf berukuran besar.

4. Alas Bermain dengan Hiasan Huruf
Mengenalkan huruf pada anak memang butuh cerdik dan tidak terdapat kesan mengajari. Ini dilaksanakan supaya anak motivasi dan memandangnya sebagai permainan, bukan pembelajaran kaku. Ibu dapat melakukannya dengan melakukan pembelian karpet atau alas bermain dengan dekorasi huruf, namun pastikan huruf-huruf yang tercetak dalam ukuran besar, ya. Nah, saat duduk bersama, ibu dapat menyiasati dengan mengajarkan anak huruf di tengah pekerjaan bersantai. “Ini huruf A lho Dek bila B laksana ini…”. Kalau dari sini telah ada ketertarikan guna mengenal huruf lebih dalam, ibu dapat membeli permainan huruf ABCD dan mengajarkannya langsung ke anak.

5. Mengajar Lewat Apa yang Ditemui Sehari-hari
Anak bakal merasa jenuh kalau ibu menanam waktu eksklusif untuk memperkenalkan huruf pada anak. Salah satu teknik menyenangkan lainnya ialah ibu dapat mengajarkan huruf di keseharian. Misalnya nih. saat ke mal dan inginkan memesan makanan, ibu dapat menyelipkan informasi tentang huruf lewat Ice Cream atau Kentang Goreng yang dipesan anak.

Leave a Comment